Jumat, 08 Juni 2012

Tampilan Baru Program News TVRI, Juni 2012

TVRI kembali mengganti grafisnya, judul program berita, studio, serta lower third nya. Untuk judul program berita yang sebelumnya bernama Warta (Pagi, Siang, Malam,dll.) diganti menjadi Indonesia (Indonesia Pagi, Siang, Malam, dll). Sementara untuk English News Service masih tetap bernama begitu. Studionya pun yang sebelumnya virtual menjadi hard studio dengan gerakan kamera yang menyorot dari berbagai sisi studio. Menurut admin ini studio TVRI yang paling bagus selama ini. Dan untuk lower third diganti menjadi warna abu-abu dan biru tua. Sementara untuk Credit Title terakhir admin lihat menjadi berposisi di bawah layar dan belum ber-efek. 

Sempat selama beberapa menit TVRI memakai News Ticker, model news tickernya seperti Antara (kalau tidak salah ya) namun news ticker itu langsung dicabut dan belum ditunjukkan kembali sampai saat ini.

Screenshot Bumper News TVRI (Indonesia Siang)

Seharusnya gambar nomor 4 itu Final Scene atau nama dari acara itu ditampilin. Tapi maaf, admin telat capture jadi pakai logo TVRI aja ya.
Note: Kalau Indonesia Pagi di gambar no.1 ada gambar daun dan embunnya. 

Warna dominan yang dipakai di bumper program berita TVRI:
Indonesia Pagi - Hijau
Indonesia Siang - Oranye
Indonesia Malam - Ungu
English News Service - Ungu-Hitam
Studio TVRI 
(Yang ada lampu warna merah itu untuk Indonesia Pagi weekdays sama berita olahraga. Space yang terhalang sama neon box TVRI itu biasanya set untuk dialog tentang bursa saham)
 --
Background LED 6 kotak.
 Biasanya backgroundnya berganti sesuai dengan berita yang dibacakan
 Split Screen (Untuk siaran langsung)
--
 Lower Third

Demikian post nya ya. Kalau ada yang menambahkan silahkan ya :D
Semoga menjelang 50 tahun ini TVRI makin membenahi kualitas siaran dan tampilan layarnya ya.
Admin

4 komentar:

  1. OBB/Bumper, hard studio, banner/lower third, format, semuanya kereeen! Kenapa ga dari dulu ya TVRI gini? Kan seru tuh :D

    BalasHapus
  2. Baru nyadar kali ya orang-orangnya hoho. Sekarang keren deh, gambar diatas tulisan 'Indonesia...' nya itu bisa gerak lhoo

    BalasHapus
  3. Wah aku jarang lihat backgroundnya itu. Nanti aku lihat lagi deh. Udah ada newsticker juga sekarang :)

    BalasHapus